CIRENG ISI



Cireng singkatan dari Aci Goreng dalam Bahasa Sunda untuk Tepung Kanji. Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer didaerah Priangan, dan dijual dengan berbagai bentuk dan varian rasa. Makanan ini cukup terkenal di era 80-an.
Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga varian rasa yang ada mencakup daging ayam, daging sapi, sosis, baso, ati sapi, keju dan ayam teriyaki. Tidak hanya rasa bahkan sudah berinovasi bentuk, yaitu Cimol. Sekarang cireng tidak hanya terdapat di daerah Priangan saja, tetapi sudah menyebar hampir ke seluruh nusantara.
Cukup mudah untuk membuat Cireng Isi ini, bisa dibuat dengan resep ala rumahan. Yaitu :
Cireng Isi Ayam Pedas
• Bahan
500 gr tepung kanji
5 sdm full tepung terigu
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu jamur
1 batang daun bawang, iris tipis
400 ml air, dimasak hingga mendidih

• Bahan Ayam Pedas
1/4 dada ayam fillet, rebus lalu potong kecil-kecil
1 ons cabe rawit
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica
Garam dan kaldu jamur secukupnya
1/2 gula pasir
Bumbu ayam haluskan semua
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

• Langkah-langkah
1. Masak air sampai mendidih, masukan bawang putih. Sambil menunggu air, campur semua tepung, garam gula, kaldu, dan daun bawang. Setelah dicampur siram air mendidih pelan-pelan ke tepung aduk pelan-pelang menggunakan centong. Setelah hangat, uleni pakan tepung kanji sampai tidak nempel di tangan dan mudah di bentuk.
2. Haluskan semua bumbu untuk ayam, lalu tumis setelah harum. Masukan ayam yang sudah di rebus dan dipotong-potong kedalam wajan, masukan bumbu pelengkap garam dan lain-lain, cicipi. Jika kurang pas bisa di tambah sesuai selesa, masak ayam sampai benar-benar harum ya bumbu cabe nya.
3. Masukan ayam dalam adonan tepung kanji, bentuknya bebas. Setelah di bentuk bisa langsung di goreng atau disimpan ke dalam kulkas sebagai stock.
4. Saus saya racik sendiri, 20 biji cabe, 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, haluskan. 1 sdt garam, 1 sdt gula pasir, 1/2 kaldu jamur, 5 sdm full saos cabe belibis. Tumis semua, dikasih air secukupnya.
5. Selamat mencoba.

Banyaknya penggemar cireng membuat masyarakat luas melirik peluang bisnis dari cireng ini. Banyaknya permintaan pasar maka semakin banyak keuntungan yang didapat bagi siapa saja yang menggeluti bisnis cireng ini.
Untuk menciptakan bentuk yang khas memang membutuhkan kreatifitas seperti bentuk yang berbeda dengan cita rasa yang berbeda. Bentuk cireng sendiri berkembang semakin unik, seperti bintang, segitiga, hati, bunga, dan lain-lain. Tentu saja hal ini bertujuan untuk membuat pembeli tertarik untuk mencobanya. Harga cireng pun sangat terjangkau mulai dari Rp. 2.500 sampai Rp. 3.500/satu cireng. Banyak juga para penjual yang tetap menggunakan cara tradisional untuk menjaga tradisi dan cita rasa dari makanan tersebut.


Credit : Nopi Handayani

0 comments:

Post a Comment